Latihan soal untuk menghadapi uji pengetahuan (UP) PPG beserta jawaban
LATIHAN SOAL UP PPG
1. Pernyataan
berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A. Kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. Kemampuan berinteraksi
D. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri
2. Perkembangan
kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan
peserta didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak
adalah.....
A. Inspirasi
B. Budaya
C. Inspirasi
D. Pengasuhan dan lingkungan
3. Kemampuan
berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan
obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun
4. Menggunakan
potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran
IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir
anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak memahami bilangan dan angka
tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif
terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika
yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
5. Kemampuan
peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk
kecerdasan….
A. Kognitif = pengetahuan atau akademik
B. Sosial = dgn org lain
C. Emosional
D. Moral = aturan
6. Seorang
peserta mampu mengendalikan diri dengan baik dalam berbagai situasi dan mampu
mampu menjalin kerjasama yang baik dengan teman-temannya, dan mampu
memposisikan diri di lingkungan dengan baik.
Peserta
didik tersebut memiliki kecerdasan…
A. Moral = aturan
B. Spiritual = agama
C. Sosial emosional
D. Kognitif = pengetahuan
7. Seorang
peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak
memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain
yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan
cenderung belajar sendiri.
Peserta
didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan ...
A. Sosial-emosional
B. Kognitif
C. Moral
D. Spritual
8. Peserta
didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan
tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral
alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan
suatu kode moral pribadi.
Hal
ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...
A. Penalaran
pascakonvensional
B. Penalaran
konvensional
C. Penalaran
prakonvensional
D. Penalaran
interkonvensional
9. Individu
memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa
serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi
disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan
tersebut merupakan tahapan perkembangan moral ...
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional
10. Memaksimalkan
kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan
kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar
dalam hal ….
A. Mengemukakan
gagasan
B. Mengaktualisasikan
diri
C. Penciptaan
hubungan yang baik
D. Menformulasikan
tindakan
11. Tindakan
yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami
pelajaran yang sedang diajarkan adalah:
A. Mengulang kembali bahan yang diajarkan
B. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan
yang belum dipahami
C. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D. Membantu setiap siswa yang mengalami
kesulitan
12. Seorang
peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi
pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut
mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
A. Kesulitan
akademis
B. Gangguan
simbolik
C. Gangguan
non simbolik
D. Gangguan
social
13. Perbedaan
antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan
konseling adalah....
A. Membantu
siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
B. Menbantu
siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu
siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu
siswa agar memperoleh informasi tertentu
14. Cara
yang yang paling cepat dan akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi
kesulitan belajar peserta didik yang bersumber dari faktor sosial adalah …
A. Sosiometri
B. Angket
C. Wawancara
D. Brainstorming
15. Bila
anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi
pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan dilakukan ?
A. Memindahkan
tempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan
B. Mengulangi
penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
C. Memberikan
bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
D. Menugaskan
seluruh peserta didik membaca buku sumber
16. Peserta
didik banyak meluangkan waktu untuk bermain dengan teman-temannya. Dia rela
menghabiskan waktunya untuk teman daripada belajar. Ketika hasil tes dibagikan,
serta didik mendapat nilai yang kurang memuaskan. berusaha menyadarkan siswa.
hal tersebut merupakan penyadaran kesulitan belajar yang bersumber dari faktor
...
A. Keluarga
B. Sosial
C. Kondisi
fisik
D. Intelektual
17. Teori
ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan
dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati.
Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan
semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang
dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
18. Di
dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia
bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial
and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau
menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu.
Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
19. Menurut
teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator,
motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori
belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya
bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Nativisme
20. Pada
masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di
manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar
jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori
belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
21. Pendapat
yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait
dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang
adalah teori belajar…
A. Behaviorisme
= stimulus+ respon
B. Konstruktivisme
+= membangun , menemukan pola
C. Kognitivisme
D. Sibernatik
= online , teknologi
SOAL PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
22. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil
belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya
dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
23. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri
dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator,
tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,tujuan
pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator,
tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah
pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator,
tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
24. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran,
perbedaannya adalah sebagai berikut:
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan
kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan,
sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat
oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan
pendidikan.
25. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan
pendidikan
26. Renacana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun untuk
setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
Dijabarkan dari....
A. Silabus
untuk pembuatan indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD
B. Silabus
untuk pembuatan tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD
C. Silabus
untuk pembuatan ndikator dan penilaian dalam upaya mencapai KD
D. Silabus
untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD
27. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata
pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ......
1)
Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan
bermusyawarah
2)
Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan
bermusyawarah
3)
Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan
pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah
dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan
adalah....
A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B. Mendorong partisipasi
aktif peserta didik
C. Memperhatikan perbedaan
individu peserta didik
D. Keterkaitan dan keterpaduan
28. Dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar, guru
sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah ini, kecuali satu yakni;:
A. Metode mengajar yang digunakan guru
B. Karakteristik bahan ajar
C. Waktu yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran
D. Buku sumber yang digunakan dalam pembelajaran
29. Jika seorang guru melakukan aktifitas pembelajaran
sebagai berikut:
1) Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta, melainkan diarahkan pada kemampuan
penguasaan dalam proses berfikir dan berkomunikasi,
2) Berperan sebagai
fasilitator dan pembimbing belajar peserta didik.
3) Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara
penyelesaian masalah dengan berpatokan pada aturan yang berlaku, seperti peta
konsep, diagram ven, portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.
Maka guru tersebut dapat dikatakan menggunakan
pembelajaran yang berbasis....
A. Kognitivisme
B. Behaviorisme
C. Konstructivisme
D. Humanisme
30. Menurut
Piaget, periode perkembangan
operasi kongkrit pada siswa usia peserta didik antara 7 – 12 tahun.
Dengan demikian proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan…
A. Penggunaan
media, alat peraga termasuk sumber belajar.
B. Pemberian
tugas yang tersetruktur.
C. Penggunaan
metode bervariasi
D. Menekankan
berfikir ktiris dan pemecahan masalah.
31. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan
urutan berikut:
A. Ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan
evaluasi;
B. Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis, dan
evaluasi
C. Ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi, analsis, dan
evaluasi
D. Ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan,
sÃntesis.
32. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi
Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. Ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan
evaluasi;
B. Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis
C. Ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi, analsis, dan
evaluasi
D. Ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan,
mencipta.
33. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain;
berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara
realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan
masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and Picture
34. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam
melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:
A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
D. Motivasi belajar siswa
35. Kemampuan yang paling penting
dimiliki guru tentang media dan alat bantu pembelajaran adalah:
A. Memilih bahan untuk membuat media/alat bantu
B. Membuat media dan alat bantu sederhana
C. Menggunakan media dan alat bantu
D. Merawat media dan alat bantu
36. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda
dalam….
A. Pencapaian
standar kompetensi
B. Pencapaian
kompetensi dasar.
C. Pencapaian
tujuan pembelajaran
D. Pencapaian
standar kelulusan
37. Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa
mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan
adalah:
A. Mengulang kembali bahan yang diajarkan
B. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum
dipahami
C. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
D. Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan
38. Bila anda sebagai
guru menemukan peserta didik mengalami
kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang akan
dilakukan ?
A. Memindahkantempat duduk
peserta didik ke meja yang paling depan=
kurang efisien
B. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta
didik =
tidakefisien
C. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang
bersangkutan
D. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
39. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang
peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
A. Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan
tersebut
B. Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab
walaupun salah
C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami
peserta didik
D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
40. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan
silabus artinya .
A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian
materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual,
sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
B. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara
kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar,
sumber belajar, dan sistem penilaian.
C. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman
belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian
kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional
dalam mencapai kompetensi.
41. Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah
sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan teman
B. Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D. Menggunakan satu sumber
42. Dalam
memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu
menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak
ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria
penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
A. Sahih
B. Kebermanfaatan
C. Layak
dipelajari
D. Menarik
minat
43. Bu
Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang
dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk
pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....
A. Kausal
B. Spiral
C. Kronologis
D. inquiri
44. Memilih
media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan
pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok
kecil, kelompok besar atau massal.
Pernyataan
tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam
kriteria...
A. Tujuan
B. Sasaran
didik
C. Ketersediaan
D. Konteks
penggunaan
45. Pada
saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi
pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran
tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan
keterampilan memilih media pembelajaran adalah…
A. Pendidik
harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
B. Pendidik
harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
C. Pendidik
harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.
D. Pendidik
menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
46. Pada
saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media
yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media
dapat dibagi ke dalam..
A. Media
yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput
terbatas
B. Media
yang dpat didengar saja dan media yang dapat
dilihat
C. Media
tradisional dan media berbasis tik
D. Media
dua dimensi dan media tiga dimensi
47. Di
ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang.
Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan
memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan
dalam hal ini.
Pertimbangan
dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...
A. Tujuan,
sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya,
ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.
B. Sasaran
didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan
konteks penggunaan.
C. Tujuan,
sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
D. Kultur
sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media.
48. Seorang
guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk
mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait
dengan media pembelajaran
adalah:
A. Media
pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis
tik
B. Sebuah
media dapat digunakan untuk semua kegiatan
pembelajaran
C. Media
dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan
pembelajaran
D. Memilih
media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan.
49. Setiap
materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk
memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi
guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau
tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi
media pada pernyataan tersebut adalah:
A. Menampilkan
objek yang terlalu besar
B. Membuat
konkrIt konsep yang abstrak
C. Menampilkan
objek yang tidak dapat diamati dengan mata
telanjang.
D. Membawa
objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
50. Media
memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru
dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat
guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal
menggunakan medianya saja.
Berikut
ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A. Menampilkan
objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.
B. Membawa
objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C. Membuat
konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
D. Menampilkan
objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
51. Seorang
guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi
yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat
dimanfaatkan oleh guru tersebut
adalah…
A. Book
B. Forum
C. Blog
D. E-portofolio
52. Seorang
guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi
mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian
googling dalam istilah internet tersebut adalah…
A. Program
mencari informasi
B. Program
desktop publishing
C. Program
untuk menjelajahi laman
D. Program
penciptaan laman
53. Seorang
guru yang akan mencari informasi tentang suatu topik atau judul dapat
menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search
engine). Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari adalah...
A. www.gmail.com
B. www.google.com
C. www.hotmail.com
54. Saat
kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi
internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).
Salah
satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...
A. www.yahoo.com
B. www.gmail.com
C. www.hotmail.com
55. Seorang
guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan
berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat
digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah...
- Microsoft Database
- Microsoft
PowerPoint
- Microsoft Desktop
Publishing
- Microsoft Word
56. Seorang
guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam
pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft.
Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan
presentasi adalah....
A. Microsoft
Database
B. Microsoft
Spread Sheet
C. Microsoft
Power point
D. Microsoft
Desktop Publishing
57. Tools
pembelajaran daring/online cukup banyak dan memiliki fungsi masing-masing.
Salah satu fiturnya berupa kumpulan soal tes sumatif dan tes akhir
pembelajaran.
Fitur
moodle ini adalah...
A. Quiz
B. Page
C. Lesson
D. Blog
58. Dalam
pembelajaran daring terdapat beberapa unsur atau elemen pembangun pembelajaran elektronik. Unsur berikut
yang bukan termasuk unsur pembangun elektronik
adalah…
A. Penulis
konten (content writer)
B. Penata
grafis (design grafis)
C. Perancang
pembelajaran (course design)
D. Pemrogram
komputer (computer programmer).
59. Dalam
mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data
(informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data
(informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri
dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah
yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran…
A. Portofolio
B. Saintifik
C. Penemuan
D. Autentik
60. Dalam
mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar menyampaikan suatu permasalahan guna
menggugah dan menimbulkan kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Langkah
tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa agar mau mengembangkan
kreativitasnya .
Langkah
yang dilakukan Pak Mamaz Nendar itu merupakan bagian dari model pembelajaran….
A. Portofolio
B. Saintifik
C. Penemuan
D. Autentik
COMMENTS