Pembuatan RPP, Menggunakan KKO untuk membuat Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kata kerja operasional (KKO) ranah Kognitif Afektif Psikomotor
Kata kerja operasional ranah kognitif
Kata
Kerja Operasional Ranah Kognitif
|
|||||
MENGINGAT
(C1) Mengetahui ...... Misalnya: istilah, fakta, aturan, urutan, metoda |
MEMAHAMI
(C2) Menerjemahkan, Menafsirkan, Memperkirakan, Menentukan ... Misalnya: metode, prosedur Memahami .... misalnya: konsep, kaidah, prinsip, kaitan antara, fakta, isi pokok. Mengartikan Menginterpretasikan ... misalnya: tabel, grafik, bagan |
MENERAPKAN
(C3) Memecahkan masalah, Membuat bagan/grafik, Menggunakan .. misalnya: metoda, prosedur, konsep, kaidah, prinsip |
MENGANALISIS
(C4) Mengenali kesalahan Memberikan .... misalnya: fakta fakta, Menganalisis ... misalnya: struktur, bagian, hubungan |
MENGEVALUASI
(C5) Menilai berdasarkan norma internal .... misalnya: hasil karya, mutu karangan, dll. |
MENCIPTAKAN
(C6) Menghasilkan ... misalnya: klasifikasi, karangan, teori Menyusun .... misalnya: laporan, rencana, skema, program, proposal |
Mengutip
Menyebutkan Menjelaskan Menggambar Membilang Mengidentifikasi Mendaftar Menunjukkan Memberi label |
Memperkirakan
Menjelaskan Menceritakan Mengkategorikan Mencirikan Merinci Mengasosiasikan Membandingkan Menghitung |
Menugaskan
Mengurutkan Menentukan Menerapkan Mengalkulasi Memodifikasi Menghitung Membangun Mencegah |
Mengaudit
Mengatur Menganimasi Mengumpulkan Memecahkan Menegaskan Menganalisis Menyeleksi Merinci |
Membandingkan
Menyimpulkan Menilai Mengarahkan Memprediksi Memperjelas Menugaskan Menafsirkan Mempertahankan |
Mengumpulkan
Mengabstraksi Mengatur Menganimasi Mengategorikan Membangun Mengkreasikan Mengoreksi Merencanakan |
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
Memberi
indeks
Memasangkan Membaca Menamai Menandai Menghafal Meniru Mencatat Mengulang Mereproduksi Meninjau Memilih Menabulasi Memberi kode Menulis Menyatakan Menelusuri |
Mengontraskan
Menjalin Mendiskusikan Mencontohkan Mengemukakan Mempolakan Memperluas Menyimpulkan Meramalkan Merangkum Menjabarkan Menggali Mengubah Mempertahankan Mengartikan Menerangkan Menafsirkan Memprediksi Melaporkan Membedakan |
Menentukan
Menggambarkan Menggunakan Menilai Melatih Menggali Mengemukakan Mengadaptasi Menyelidiki Mempersoalkan Mengonsep Melaksanakan Memproduksi Memproses Mengaitkan Menyusun Memecahkan Melakukan Menyimulasikan Menabulasi Memproses Membiasakan Mengklasifikasi Menyesuaikan Mengoperasikan Meramalkan |
Menominasikan
Mendiagramkan Mengorelasikan Menguji Mencerahkan Membagankan Menyimpulkan Menjelajah Memaksimalkan Memerintahkan Mengaitkan Mentransfer Melatih Mengedit Menemukan Menyeleksi Mengoreksi Mendeteksi Menelaah Mengukur Membangunkan Merasionalkan Mendiagnosis Memfokuskan Memadukan |
Memerinci
Mengukur Merangkum Membuktikan Memvalidasi Mengetes Mendukung Memilih Memproyeksikan Mengkritik Mengarahkan Memutuskan Memisahkan Menimbang |
Memadukan
Mendikte Membentuk Meningkatkan Menanggulangi Menggeneralisasi Menggabungkan Merancang Membatas Mereparasi Membuat Menyiapkan Memproduksi Memperjelas Merangkum Merekonstruksi Mengarang Menyusun Mengkode Mengombinasikan Memfasilitasi Mengkonstruksi Merumuskan Menghubungkan Menciptakan Menampilkan |
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
Kata kerja
operasional ranah psikomotor
Meniru
(P1) |
Manipulasi
(P2) |
Presisi
(P3) |
Artikulasi
(P4) |
Naturalisasi
(P5) |
Menyalin
Mengikuti Mereplikasi Mengulangi Mematuhi Mengaktifkan Menyesuaikan Menggabungkan Mengatur Mengumpulkan Menimbang Memperkecil Mengubah |
Kembali-Membuat
Membangun Melakukan Melaksanakan Menerapkan Mengoreksi Mendemonstrasikan Merancang Melatih Memperbaiki Memanipulasi Mereparasi |
Menunjukkan
Melengkapi Menyempurnakan Mengkalibrasi Mengendalikan Mengalihkan Menggantikan Memutar Mengirim Memproduksi Mencampur Mengemas Menyajikan |
Membangun
Mengatasi Menggabungkan koordinat Mengintegrasikan Beradaptasi Mengembangkan Merumuskan Memodifikasi master Mensketsa |
Mendesain
Menentukan Mengelola Menciptakan |
Tabel Proses
Psikomotor
P1
|
Imitasi
|
Imitasi berarti meniru
tindakan seseorang.
|
P2
|
Manipulasi
|
Manipulasi berarti
melakukan keterampilan atau menghasilkan produk dengan cara mengikuti
petunjuk umum, bukan berdasarkan observasi. Pada kategori ini, peserta didik
dipandu melalui instruksi untuk melakukan keterampilan tertentu.
|
P3
|
Presisi
|
Presisi berarti secara
independen melakukan keterampilan atau menghasilkan produk dengan akurasi,
proporsi, dan ketepatan. Dalam bahasa sehari-hari, kategori ini dinyatakan sebagai
“tingkat mahir”.
|
P4
|
Artikulasi
|
Artikulasi artinya
memodifikasi keterampilan atau produk agar sesuai dengan situasi baru, atau
menggabungkan lebih dari satu keterampilan dalam urutan harmonis dan
konsisten.
|
P5
|
Naturalisasi
|
Naturalisasi artinya
menyelesaikan satu atau lebih keterampilan dengan mudah dan membuat
keterampilan otomatis dengan tenaga fisik atau mental yang ada. Pada kategori
ini, sifat aktivitas telah otomatis, sadar penguasaan aktivitas, dan penguasaan
keterampilan terkait sudah pada tingkat strategis (misalnya dapat menentukan
langkah yang lebih efisien).
|
Kata kerja operasional ranah Afektif
Menerima
(A1) |
Merespon
(A2) |
Menghargai
(A3) |
Mengorganisasikan
(A4) |
Karakterisasi Menurut
Nilai (A5) |
Mengikuti
Menganut Mematuhi Meminati |
Menyenangi
Mengompromikan Menyambut Mendukung Melaporkan Memilih Memilah Menolak Menampilkan Menyetujui Mengatakan |
Mengasumsikan
Meyakini Meyakinkan Memperjelas Menekankan Memprakarsai Menyumbang Mengimani |
Mengubah
Menata Membangun Membentuk-pendapat Memadukan Mengelola Merembuk Menegosiasi |
Membiasakan
Mengubah perilaku Berakhlak mulia Melayani Mempengaruhi Mengkualifikasi Membuktikan Memecahkan |
COMMENTS