HUBUNGAN ANTARA CIRI-CIRI KHUSUS YANG DIMILIKI HEWAN DAN LINGKUNGAN HIDUPNYA

HUBUNGAN ANTARA CIRI-CIRI KHUSUS YANG DIMILIKI HEWAN DAN LINGKUNGAN HIDUPNYA, Fungsi Punuk pada Unta, Alat pendeteksi benda pada kelelawar, ciri khusus pada cicak dan tokek


HUBUNGAN ANTARA CIRI-CIRI KHUSUS YANG DIMILIKI HEWAN DAN LINGKUNGAN HIDUPNYA






Fungsi Punuk pada Unta
Terkadang kita heran melihat unta yang memiliki punuk tidak seperti hewan mamalia berkaki empat lainnya. Ya, unta merupakan satu-satunya hewan yang memiliki keunikan dengan punggung yang berpunuk. Punuk unta yang memiliki bobot mencapai 35 kilogram menjadi bagian tubuh yang penting. Mau tahu kenapa?
Saat unta lahir, punuknya hanya berupa kantong kulit kosong yang fleksibel namun seiring pertumbuhannya, terbentuk jaringan lemak khusus dalam punuknya sehingga punuk mulai terbentuk dan berisi. Lemak khusus ini dapat berubah menjadi air dengan bantuan oksigen hasil respirasi. Satu gram lemak di dalam punuk unta bisa menghasilkan satu gram air.
Dengan bantuan lemak dalam punuk inilah unta dapat bertahan hingga dua minggu tanpa makanan. Apalagi lokasi tempat tinggal mereka di padang pasir Afrika dan Timur Tengah dimana makanan menjadi sangat langka.
Selama ribuan tahun, punuk unta ini juga menjadi berguna bagi manusia yang memeliharanya. Mempermudah dalam pemeliharaan yang tidak butuh banyak makanan serta sangat kuat untuk transportasi mengangkut barang. Unta berpunuk dua atau Bactrian digunakan manusia sejak 2500 SM di sekitar Iran Utara, Timur Laut Afghanistan, dan Pakistan Utara. Sementara itu, unta berpunuk satu atau Dromedary digunakan antara 4000 sampai 200 SM di Arab.
                                                                                                                                               
Alat pendeteksi benda pada kelelawar
Tahukah kawan, kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang bisa terbang, hal tersebut karena kelelawar mempunyai sayap yang terbuat dari kulit yang tipis. Kulis tipis ini membentang dari tulang jari-jari sampai lengan dan terdapat cakar pada setiap atas sayapnya, cakar tersebut digunakan untuk bergelantungan di setiap gua maupun pepohonan ketika tidur.
Kelelawar mencari makan ketika malam hari dan tidur di siang hari. kebanyakan kelelawar memakan serangga tapi ada juga yang memakan buah-buahan, ikan, dan hewan yang lebih kecil darinya. Untuk mencari makanan di malam yang gelap, kelelawar memiliki sistem pendeteksi pada tubuhnya.
Alat pendeteksi pada kelelawar bekerja dengan memancarkan bunyi berfrekuensi tinggi melalui mulutnya. Bunyi tersebut akan memantul ketikan mengenai benda-benda di sekitarnya. Bunyi pantulan yang mengenai benda-benda akan ditangkap oleh kelelawar untuk mengetahui jarak benda tersebut, kemampuan ini digunakan kelelawar untuk terbang dan  mencari makan di malam hari walaupun tanpa cahaya sedikit pun. Kemampuan kelelawar tersebut dinamakan dengan Ekolokasi dan kemampuan itu digunakan oleh manusia untuk pendeteksi radar pada kapal selam.

CIRI KHUSUS PADA CICAK DAN TOKEK
Cicak dan tokek termasuk hewan melata yang dapat  merayap di dinding tanpa terpeleset. Kedua hewan ini memiliki ciri khusus berupa telapak kaki dengan sistem perekat. Sistem perekat ini dibangun oleh telapak kaki yang beralur pararel. Dengan alur yang dimiliki, memungkinkan cicak dan tokek dapat menempelkan kakinya di dinding dan berjalan tanpa terpeleset. Dengan demikian ciri khusus yang dimiliki oleh cicak dan tokek adalah memiliki bantalan perekat pada kakinya agar dapat berjalan di dinding-dinding rumah atau langit-langit rumah.
Untuk mengelabui musuhnya cicak dan tokek memiliki kemampuan autotomi yaitu mampu memutuskan ekornya yang bertujuan untuk meloloskan diri dari serangan musuh.
Cicak  dan tokek akan memutuskan ekor, kemudian ekor tersebut akan bergerak-gerak untuk mengalihkan perhatian musuh. Sementara itu, cicak dan tokek dengan ekor yang putus akan leluasa untuk meloloskan diri.
Untuk memperoleh makanan, cicak mempunyai ciri khusus berupa lidah yang panjang dan lengket. Bentuk lidah ini digunakan untuk menangkap mangsa berupa serangga yang terbang.
Cecak dan tokek berkembangbiak dengan bertelur dengan makanan pokoknya berupa serangga.



sumber gambar : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfN2Tlva8ZBAIY4UkB8YeO51IZRPIP3SQyZIgnUQmu7WNM5F0PNKNs4bIcF2kAAi0v-K865be6Uwv6AlguJAoTyC1IA8WQZpgEZi11-ta8oj3gwK0uaAvlRo5iCFvQDfVu3M6VeZUWEvk/s1600/Ciri+Khusus+pada+Hewan.jpg

COMMENTS

Name

Berita,13,bilangan bulat,1,cpns,3,Guru,2,guru honorer,6,honorer,3,honorer cimahi,1,honorer negeri,2,hukum,5,Info guru,8,ipa,1,ips,1,kelas 4,1,kelas 6,3,matematika,1,materi,3,materi pelajaran,2,materi ppg,1,Opini,6,PKB,1,PKP,3,PPG,9,PPPK,2,soal,3,soal ppg,7,try out,1,tutorial,2,UMPPPG,5,utama,1,
ltr
item
GuruHonorer: HUBUNGAN ANTARA CIRI-CIRI KHUSUS YANG DIMILIKI HEWAN DAN LINGKUNGAN HIDUPNYA
HUBUNGAN ANTARA CIRI-CIRI KHUSUS YANG DIMILIKI HEWAN DAN LINGKUNGAN HIDUPNYA
HUBUNGAN ANTARA CIRI-CIRI KHUSUS YANG DIMILIKI HEWAN DAN LINGKUNGAN HIDUPNYA, Fungsi Punuk pada Unta, Alat pendeteksi benda pada kelelawar, ciri khusus pada cicak dan tokek
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfN2Tlva8ZBAIY4UkB8YeO51IZRPIP3SQyZIgnUQmu7WNM5F0PNKNs4bIcF2kAAi0v-K865be6Uwv6AlguJAoTyC1IA8WQZpgEZi11-ta8oj3gwK0uaAvlRo5iCFvQDfVu3M6VeZUWEvk/s400/Ciri+Khusus+pada+Hewan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgfN2Tlva8ZBAIY4UkB8YeO51IZRPIP3SQyZIgnUQmu7WNM5F0PNKNs4bIcF2kAAi0v-K865be6Uwv6AlguJAoTyC1IA8WQZpgEZi11-ta8oj3gwK0uaAvlRo5iCFvQDfVu3M6VeZUWEvk/s72-c/Ciri+Khusus+pada+Hewan.jpg
GuruHonorer
https://guhon.blogspot.com/2019/03/hubungan-antara-ciri-ciri-khusus-yang.html
https://guhon.blogspot.com/
https://guhon.blogspot.com/
https://guhon.blogspot.com/2019/03/hubungan-antara-ciri-ciri-khusus-yang.html
true
1336093035513538461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy