Latihan Soal Ujian PPG dalam Jabatan Guru Kelas dengan jawaban
1. Seorang
guru mendapati beberapa siswa yang belum selesai mengumpulkan tugas pada
tenggang waktu yang telah diberikan dikarenakan banyaknya tugas yang menumpuk
dari mata pelajaran lain, jika seandainya Anda sebagai guru, apa yang anda
lakukan?
a. Memberikan
fasilitas untuk berdiskusi dan mengajarkan pada siswa bagaimana cara mengatur
waktu dengan baik serta bertanggung jawab pada tugas yang diberikan.
b. Mendorong
siswa untuk segera menyelesaikan tugas secara maksimal, dengan menyampaikan
perkembangan siswa yang sudah dan belum mengumpulkan.
c. Memberikan
toleransi tambahan waktu agar siswa yang belum mengumpulkan tugas dapat
menyelesaikan tugasnya.
d. Tetap meminta tugas yang telah diberikan dengan sanksi nilai sesuai
dengan tugas yang dikerjakan sebagai upaya untuk memberikan efek jera pada
siswa.
e. Menolak
tugas yang dikumpulkan melewati batas waktu agar tidak mengingkari kesepakatan
yang sudah disepakati.
2. Salah
satu tugas wali kelas setiap kenaikan kelas harus menentukan 3 siswa terbaik
untuk menerima hadiah dari sekolah. jika Anda sebagai wali kelas, maka hal yang
akan Anda lakukan dalam menentukan siswa urutan 1, 2, dan 3 berdasarkan . . . .
a.
Rata-rata
nilai rapor saja
b. Kepribadian dan nilai rapor
c.
Nilai
rapor dan capaian prestasi non akademik
d.
Keterlibatan
kepengurusan OSIS dan nilai rapor
e.
Prestasi
akademik dan non akademik
3. Terdapat
peserta didik yang mengadu kepada guru bahwa ia selalu melakukan tugas piket
kebersihan kelas sendiri. Anggota yang lain tidak mau terlibat membersihkan
kelas. Mereka memaksa dan mengancam jika melaporkan hal tersebut pada wali kelas.
Sebagai Guru yang mengetahui hal tersebut, apa yang akan Anda lakukan?
a. Memberikan
hukuman pada seluruh anggota piket kebersihan karena tidak dapat membangun
kerjasama yang baik dalam tugas yang menjadi tanggung jawabnya.
b.
Guru
melakukan evaluasi keterlibatan siswa terkait kegiatan piket kebersihan kelas
serta menyampaikan hasilnya, agar menjadi perhatian seluruh siswa untuk
terlibat dalam tanggung jawab tersebut.
c. Memberikan teguran kepada siswa yang tidak mau terlibat dalam kegiatan
piket kebersihan kelas agar siswa yang rajin tidak terpengaruh dan dia tidak
mengulangi perbuatannya.
d. Merekomendasikan
guru BK untuk melakukan konseling kelompok untuk mengajarkan keterampilan
bekerjasama dengan orang lain dalam suatu kelompok.
e.
Memfasilitasi
pertemuan bersama agar terjadi komunikasi antar anggota kelompok piket
kebersihan, sehinga semua anggota menyadari tugas masing-masing ketika jadwal
piket kebersihan kelas berlangasung.
4.
Para
siswa berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda mencakup
budaya,nilai-nilai, tingkat ekonomi maupun tingkat pendidikan orag tua.
Terhadap berbagai perbedaan itu, sikap guru sebaiknya adalah . . . .
a.
Mengelompokkan
siswa sesuai dengan kondisi serta latar belakang yang sama.
b.
Menampilkan
sikap yang wajar terhadap perbedaan-perbedaa pemikiran,sikap dan perilaku anak
didiknya.
c. Berpandangan
bahwa segala perbedaan siswa merupakan fakta yang tifak dapat dihindari.
d.
Mengurangi
perbedaan-perbedaan itu dan mengutamakan keseragaman.
e. Peka terhadap perbedaan dan berperan menumbuhkan sikap saling
menghargai antara siswa satu dengan lainnya.
5. Salah
satu tugas guru piket adalah membuat surat keterangan pemberian poin
pelanggaran bagi guru, karyawan, dan siswa yang datang terlambat. Poin
pelanggaran tersebut pada jumlah tertentu akan diberi sanksi sesuai kespakatan.
Ketika Anda menjadi guru piket, ada seorang guru dan anaknya (kebetulan anak
tersebut sekolah di sekolah Anda) datang terlambar 30 menit. Sesuai aturan,
datang terlambat 30 menit harus diberi poin pelanggaran sebanyak 30 poin.
Tiba-tiba teman Anda yang terlambat meminta kepada Anda agar dia dan anaknya
tidak dibuatkan surat keterangan poin pelanggaran karena alasan ban motor
pecah. Apa yang akan Anda lakukan?
a. Memenuhi
permintaan teman Anda karena alasannya masuk akal tetapi Anda laporkan kasus
tersebut kepada kepala sekolah.
b. Tetap
membuat surat keterangan poin pelanggaran sesuai aturan, tetapi hanya untuk
anaknya dan dilaporkan kepada kepala sekolah.
c. Tetap
membuat surat keterangan poin pelanggaran baik kepada teman Anda dan juga
anaknya meskipun jumlah poin dikurangi.
d. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran baik kepada teman Anda
dan juga anaknya sesuai aturan.
e. Tetap
membuat surat keterangan poin pelanggaran kepada keduanya dan melaporkan kepada
kepala sekolah atas kasus ini.
6. Seorang
siswa bercerita kepada guru kalau dia merasa ditipu oleh temannya yang sudah
menjanjikan kalau akan mengajari matematika sebagai persiapan ujian tengah
semester. Tapi, pada hari yang telah disepakati, temannya tidak datang dengan
alasan ada urusan mendadak. Siswa tersebut merasa kecewa karena temannya tidak
menepati janji, hingga nilainya menjadi jelek. Walaupun sebelumnya keduanya bersahabat,
saat ini mereka tidak saling bertegur sapa.jika seandainya Anda adalah mendapat
cerita tersebut, apa yang akan Anda lakukan?
a. Memberitahukan
kepada salah satu pihak bahwa temannya tidak membantu karena perihal yang
penting. Selain itu, urusan belajar merupakan urusan masing-masing.
b. Memanggil
keduanya, serta memberikan
nasehat-nasehat agar keduanya bersahabat dan saling membantu.
c.
Memberitahu
pada salah satu pihak bahwa karena tidak jadi membantu, temannya mendapat nilai jelek serta
mendorongnya untuk meminta maaf.
d. Memfasilitasi pertemuan di antara keduanya untuk membangun saling kesepahaman mengenai masalah
tersebut dan jalan penyelesaiannya.
e.
Cukup
didengarkan saja keluhan itu dengan baik, dan menyarankan untuk dapat
diselesikan secara mandiri.
7. Seorang
siswa kedapatan membawa handphone ke
sekolah. padahal sekolah sebenarnya sudah memberikan tulisan peringatan serta
aturan untuk tidak membawa handphone ke
sekolah. sebagai guru, yang berkewajiban memberikan pendidikan, bagaimana anda
menanggapi permasalahan tersebut?
a.
Memanggil
siswa dan menasehatinya agar dia tidak membawa handphone ketika di
lingkungan sekolah karena akan mengganggu konsentrasi belajarnya.
b.
Apabila
mengetahui siswa yang membawa handphone,
segera menyampaikan hal ini pada wali kelas serta guru Bimbingan dan Konseling
untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.
c. Saya
akan lebih aktif dalam mencegah agar siswa tidak membawa handphone ketika di sekolah dengan cara melakukan pemeriksaan
sebelum bel masuk kelas dan menyita handphone
untuk sementara waktu.
d. Saya menemui siswa yang membawa handphone
saat di sekolah maupun di kelas, serta memberikan teguran langsung dengan
harapan tidak mengulangi pelanggaran tersebut.
e. Merampas
handphone dan memanggil orang tua siswa tersebut agar
ikut mengingatkan anaknya jangan sampai membawa handphone ke sekolah.
8. Sekolah
Anda pada akhir libur semester mengadakan study tour ke luar kota selama tiga
hari dan Anda menjadi salah satu guru pendamping kegiatan study tour itu.
Sesuai rencana, rombongan study tour akan tiba kembali di sekolah hari Minggu
sore pukul 17.00 karena hari Senin adalah hari pertama masuk sekolah. tetapi,
karena sesuatu dan lain hal, rombongan baru tibakembali ke sekolah hari Senin pukul
03.00 pagi. Beberapa guru berencana untuk izin tidak masuk pada hari pertama
karena kelelahan. Apa yang akan Anda lakukan?
a.
Tetap
masuk sekolah meskipun tidak seharian penuh sebagaimana hari-hari biasa.
b. Tetap masuk sekolah sebagaimana hari-hari biasa meskipun banyak guru
yang izin.
c. Menyarankan
kepada guru yang berencana untuk tidak masuk untuk tetap masuk sekolah.
d. Menyampaikan
kepada kepala sekolah agar menghimbau para guru untuk tetap masuk sekolah.
e.
Menyarankan
kepada peserta didik yang ikut study tour untuk tetap masuk sekolah.
9.
Dalam
perjalanan menuju sekolah, pada pemberhentian di perempatan, Anda melihat siswa
SMA pengendara motor berhenti melewati garis marka jalan. Anda akan melakukan
apa?
a. Menegur
dengan tegas agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi
keselamatannya.
b.
Menjelaskan
di depan kelas tentang kasus yang Anda alami agar siswa Anda tidak melakukan
pelanggaran lalu lintas.
c. Menegur dengan santun agar siswa
tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannya.
d. Berteriak
dengan keras agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi
keselamatannya.
e.
Memotret
kejadian itu dan menyampaikan pelanggaran itu kepada para siswa di sekolah agar
tidak melakukan hal seperti itu.
10. Seorang
wali murid mendatangi Anda sebagai wali kelas, memprotes bahwa nilai anaknya
rendah. Menurutnya, si anak telah mengikuti berbagai bimbingan belajar,
sehingga mustahil mendapat nilai rendah. Sementara, anak dari tetangganya
mendapat nilai lebih tinggi, padahal anak tersebut biasa saja dan tidak
mengikuti bimbingan belajar. Bagaimana tanggapan Anda terhadap wali murid
tersebut?
a.
Menunjukkan
data capaian belajar anak secara objektif, serta meamnggil si anak untuk
berdiskusi dengan orang tuanya.
b.
Menunjukkan
dokumen hasil ulangan harian, mempertemukan wali murid dengan si anak serta
memberi kesempatan untuk mendiskusikan prestasi belajar yang dicapai secara
objektif.
c. Menjawab
protes wali murid tersebut dengan menunjukkan rekap data, serta menyampaikan
bahwa bimbingan belajar bukanlah penentu tingkat prestasi belajar anak di
sekolah.
d. Menunjukkan dokumen hasil ulangn, serta memberi kesempatan wali murid
untuk mendiskusikannya, sehingga diperoleh pengertian mengapa nilai anaknya
tidak sesuai dengan yang diperkirakannya.
e.
Menjawab
protes wali murid dengan menyatakan bahwa berapa pun hasil nilai itu merupakan
hak dan kewanangan guru.
11.
Suatu
ketika Anda menjadi tuan rumah dalam acara rutin pertemuan warga RT. Semua
warga RT diundang untuk acara pertemuan rutin setiap bulan. Tamu pertama yang
datang ke rumah Anda adalah seorang warga paling miskin di RT. Apa yang akan
Anda lakukan?
a. Menyalami tamu pertama dan menggandengnya dengan penuh respek untuk
duduk di kursi yang telah disediakan.
b.
Membiarkan
tamu pertama itu mencari tempat duduk sendiri karena tamu lain juga Anda
perlakukan seperti itu.
c.
Meminta
tamu pertama itu duduk di kursi deretam paling depan untuk menghargai tamu yang
datang paling awal.
d. Sembari
menunggu tamu lainnya, Anda menemani tamu tersebut sambil ngobrol tentang
hal-hal ringan.
e.
Mengajak
tamu tersebut ke belakang dan menawarinya untuk makan, setelah itu meminta
bantuan untuk menyiapkan makanan dan minuman.
12.
Komplek
di mana Anda tinggal setiap musim hujan selalu banjir sebagai akibat tidak ada
saluran air menuju sungai. warga sudah beberapa kali mengusulkan kepada
pemerintah desa/kelurahan untuk dibuatkan saluran pembuangan air, tetapi tetap saja permohonan itu belum dipenuhi.
Akibatnya, salah satu warga yang cukup berpengaruh di wilayah itu mengajak dan
atau mempengaruhi warga lain untuk tidak membayar pajak pada tahun itu. Sebagai
guru, apa yang Anda lakukan?
a. Mengingatkan warga agar tetap membayar
pajak, karena membayar pajak itu kewajiban warga negara.
b. Tetap
membayar pajak, meskipun beberapa warga terpengaruh terhadap himbauan untuk
membayar pajak.
c. Mengingatkan
salah satu warga tersebut agar tidak mempengaruhi warga lain untuk tidak
membayar pajak.
d.
Mengajak
aparat RT untuk memohon kembali kepada aparat desa/kelurahan agar dibuatkan
saluran air.
e. Bersama
warga mencari sponsor untuk membangun saluran air menuju sungai agar tidak
terjadi banjir lagi.
13.
Di
sekolah tempat Anda mengajar mayoritas siswa beragama islam, namun ada juga
yang beragama non-islam. Ketika memasuki bulan Ramadhan, Anda mendapati siswa
non-muslim yang sedang makan di depan kelas ketika teman-teman yang lain sedang
menjalankan ibadah puasa. Sebagai guru, apa yang Anda lakukan untuk menyikapi
hal tersebut?
a. Menasehati siswa agar tidak makan di depan kelas selama bulan Ramadhan
demi menghormati yang berpuasa.
b.
Keduanya
memiliki haknya masing-masing, boleh berbuat sesuai keyakinannya.
c. Menasehati
siswa yang sedang puasa Ramadhan bahwa makan di mana pun itu hak mereka.
d. Meminta
siswa tersebut untuk makan di tempat yang sepi agar tidak kelihatan teman-teman
yang sedang berpuasa.
e.
Tidak
peduli dengan tindakan yang dilakukan siswa tersebut.
14.
Terdapat
lima kriteria penilaian teman sejawat yaitu kejujuran, kedisiplinan,
integritas, tanggungjawab, dan penampilan. Agar penilaian kepada teman sejawat
yang Anda lakukan objektif, maka yang dilakukan adalah . . . .
a.
Setiap
aspek dinilai dulu untuk semua teman, misalnya aspek kejujuran dinilai dulu
untuk semua teman baru aspek kedisiplinan dan seterusnya.
b. Meranking
aspek kejujuran dari ranking pertama sampai terakhir untuk semua teman kemudian
dilanjutkan meranking aspek kedisiplinan dan seterusnya.
c. Menilai satu per satu teman sejawat dengan lima kriteria (kejujuran,
kedisiplinan, integritas, tanggungjawab, dan penampilan) sekaligus.
d.
Mendiskusikan
dengan teman lain agar hasil penilaian tidak tendensius dan dapat
dipertanggungjawabkan.
e.
Perlu
mempertimbangkan senioritas meskipun lima kriteria penilaian teman sejawat
tetap perlu menjadi acuan.
15.
Pada
rapat desa yang dipimpin kepala desa sedang mengidentifikasi program desa yang
akan didanai melalui dana desa. Sebagai guru, program apa yang akan Anda
usulkan?
a. Membangun fasilitas umum untuk memfasilitasi anak usia dini karena di
desa itu belum ada fasilitas PAUD.
b. Perbaikan
jalan antar dusun agar transportasi lancar, karena jalan dusun tidak dapat
dilewati kendaraan roda empat.
c. Memperbaiki
tempat ibadah di desa itu agar masyarakat dapat beribadah dengan tenang dan
khusuk.
d.
Memberi
beasiswa bagi anak kurang mampu agar dapat melanjutkan studi sampai pendidikan
tinggi.
e. Pemberian
modal usaha dan pelatihan kewirausahaan bagi keluarga miskin di desa itu agar
kemiskinan menjadi berkurang.
16. Seorang
anak berminat pada kelompok peminatan bidang ilmu pengetahuan sosial ketika
memilih studi lanjut ke SMA. Namun, orang tua berkukuh agar anaknya memilih
peminatan pada bidang ilmu pengetahuan alam. Orang tua menginginkan anaknya
menjadi dokter, agar masa depannya terjamin. Menurut si anak, ia merasa tidak
mampu jika studi lanjut di kedokteran, dan kurang meminati mata pelajaran ilmu
biologi, matematika, serta fisika-kimia. Sebagai wali kelas, apa yang akan Anda
lakukan?
a. Menasehati
si anak untuk patuh pada orang tua yang telah memilihkan masa depan yang baik
karena tidak ada orang tua yang berniat menjerumuskan anaknya.
b.
Memberikan
saran kepada orang tua dan si anak untuk mengenali secara objektif
kemampuannya, dengan konsultasi pada psikolog untuk memilih bidang peminatan
yang sesuai.
c.
Menyarankan
kepada si anak, untuk menyampaikan pada orang tua bahwa dirinya tidak berminat
dan merasa tidak mampu pada jurusan kedokteran.
d.
Melakukan
kunjungan rumah dengan membawa data prestasi si anak sebagai bahan diskusi agar
orang tua memahami potensi anaknya.
e.
Bersama guru BK, anda sebagai wali
kelas akan memfasilitasi pertemuan antara orang tua dengan siswa. Anda akan
mendiskusikan bersama-sama dengan menggunakan data-data sebagai dasar keputusan
objektif.
17.
Di
wilayah Anda mengajar ada komunitas GTT (Guru Tidak Tetap) yang terwadahi dalam
PGRI, melakukan penggalangan dana sukarela untuk berjuang ke Jakarta
mengusulkan kepada pemerintah agar diangkat sebagai PNS. Jika Anda adalah guru
PNS yang telah menerima tunjangan profesi, apa yang akan Anda lakukan?
a.
Mendukung
sepenuhnya penggalangan dana itu dengan mengajak teman guru PNS lainnya untuk
berpartisipasi dalam penggalangan dana.
b. Memberi nasehat kepada teman GTT untuk tidak terlalu berambisi diangkat
sebagai PNS karena pengangkatan PNS ada aturannya.
c.
Menaruh
simpati terhadap upaya penggalangan dana itu meskipun tidak harus memberi
kontribusi dalam bentuk uang.
d.
Berpartisipasi
aktif dalam penggalangan dana itu agar memperoleh dana yang cukup dan mampu
membiayai perwakilan GTT ke Jakarta.
e.
Mengusulkan
kepada pengurus PGRI daerah agar membawa perwakilan GTT untuk pergi ke Jakarta
menyampaikan aspirasinya.
18.
Bagaimana
sikap Anda terhadap guru yang melaksanakan pembelajaran dengan model ancaman
dan pemaksaan kepada peserta didik agar berprestasi unggul?
a. Sangat tidak setuju terhadap tindakan guru tersebut dalam rangka
meningkatkan prestasi unggul siswa.
b. Tidak
setuju terhadap model tersebut yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan
prestasi unggul siswa.
c.
Cukup
setuju dengan tindakan yang dilakukan guru tersebut untuk meningkatkan prestasi
unggul siswa.
d.
Setuju
dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru bagi peningkatan prestasi
belajar unggul siswa.
e. Sangat
setuju dengan tindakan guru tersebut dalam membantu peningkatan prestasi unggul
siswa.
19.
Menurut
anda, sikap dan perilaku guru yang mencerminkan nilai-nilai keagamaan yang
dianutnya adalah . . . .
a.
Rajin
ibadah disertai dengan sikap dan perilaku yang mencerminkan sikap toleransi
yang tinggi dengan apa pun dan siapa pun.
b. Rajin
beribadah dan tidak mentolerir waktu yang mengganggu ritual keagamaannya dan
menolong orang tanpa pamrih.
c. Rajin
ibadah disertai dengan sikap dan perilaku yang tanpa pamrih dengan tetap
menunjukkan identitas keagamaan yang berbeda.
d. Rajin
ibadah disertai dengan sikap dan perilaku yang toleran, namun tetap menunjukkan
prinsip tegas yang perlu diketahui orang lain.
e. Rajin beribadah disertai dengan sikap dan perilaku yang proaktif
menolong kepada siapapun, serta menunjukkan perilaku-perilaku keteladanan.
20.
Anda
memiliki beban mengajar yang tinggi dalam seminggu. Di samping itu, Anda
menjadi salah seorang pengurus inti koperasi sekolah untuk kesejahteraan warga
sekolah. apa yang Anda lakukan?
a. Saya berbagi tugas dengan pengurus inti lainnya dalam mengelola
koperasi, sehingga tidak mengganggu tugas mengajar.
b.
Saya
mengutamakan tugas mengajar, dengan
sedikit mengabaikan tugas sebagai pengurus koperasi sekolah.
c. Saya
melaksanakan tugas mengajar yang diselingi dengan melaksanakan tugas-tugas
pengurus koperasi sekolah.
d. Saya
berusaha menolak penugasan koperasi sekolah karena bisa mengganggu tugas
mengajar.
e.
Saya
mengutamakan tugas pengurus koperasi sekolah, walaupun tugas mengajar kurang
terlaksana.
21.
Anda
memiliki siswa pintar yang ingin sekali menguasai keterampilan yang menurut
Anda belum saatnya dikuasai oleh siswa tersebut. Di sekolah, hanya Anda yang
dapat melatihnya, namun Anda tidak memiliki waktu luang. Ucapan yang tepat
dikatakan kepada siswa adalah . . . .
a.
Bahwa
siswa tidak perlu belajar keterampilan itu, dan tidak perlu berlatih kepada
saya.
b. Bahwa
siswa belum waktunya manguasai keterampilan itu, dan saya sibuk sehingga tidak
bisa melatihnya.
c.
Bahwa
siswa itu bisa belajar untuk menguasai
keterampilan itu.
d. Bahwa
siswa tetap memiliki kesempatan menguasai keterampilan itu, dan memintanya
mencari pelatih yang diinginkan dari luar sekolah.
e. Bahwa siswa itu memiliki kemampuan yang baik, punya kesempatan
menguasai keterampilan itu, dan mengatur waktu lagi untuk bisa berlatih dengan
saya.
22.
Sebagai
seorang guru, seringkali merasakan waktu yang sangat terbatas, padahal banyak
hal yang harus diselesikan. Terkait dengan hali ini, gambaran yang paling
mendekati diri Anda sebenarnya sebagai berikut . . . .
a.
Saya
tidak peduli dengan batasan waktu karena apa pun saya kerjakan ketika saya
menginginkannya.
b. Banyak
waktu yang tidak saya gunakan dengan baik, dan banyak hal yang tidak bisa saya
capai dalam hidup ini.
c.
Sebagian
besar waktu sudah saya gunakan dengan baik, namun ada beberapa hal yang belum
sempat saya lakukan.
d.
Saya
dapat menggunakan seluruh waktu dengan baik, namun beberapa hal masih belum
bisa dilakukan dengan lebih baik.
e. Seluruh waktu saya gunakan dengan baik, saya berusaha untuk
mengembangkan diri secara optimal.
23. Berdasarkan
introspeksi dan pendapat teman sesama guru, pribadi yang mencerminkan saya
adalah . . . .
a.
Orang
yang sulit untuk mengapresiasi perbedaan cara siswa dalam menyelesaikan soal
karena membuat bingung yang lain.
b. Orang
yang dapat mengapresiasi perbedaan, namun hanya untuk hal-hal yang hanya dapat
dipahami saja.
c. Orang
yang bisa menyembunyikan pikiran dan perasaan tidak senang terhadap siswa
ketika ada perbedaan dalam menilai sesauatu.
d. Orang yang dapat mengapresiasi keberagaman dan memiliki keberanian
untuk berpendapat untuk sikap perilaku yang tidak toleran.
e.
Orang
yang terbuka dengan masukan atas prinsip dan keyakinan diri, serta siap
mengupayakan kompromi dengan orang lain.
24.
Saat
terjadi tindakan asusila di sekolah antara guru dan siswa, apa yang perlu Anda
lakukan?
a. Mambahas bersama pihak internal sekolah dan segera menemukan solusinya.
b. Mendiskusikan
peristiwa tersebut dengan melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan.
c.
Mamanggil
guru dan siswa yang bertindak asusila disertai pemberian nasihat.
d.
Memberitahukan
kejadian tersebut kepada pihak-pihak yang berkepentingan agar mendapat bantuan.
e.
Membiarkan
peristiwa tersebut menghilang secara alamiah agar tidak memalukan sekolah.
25.
Menurut
saya, gambaran ideal seorang guru adalah . . . .
a.
Memahami
pentingnya perencaan kerja dan bertanggung jawab dalam pencapaian tujuan
sekolah lebih terarah dan terukur kinerjanya.
b. Memahami
pentingnya pelaksanaan kerja dan perwujudan tanggung jawab agar tujuan sekolah
lebih terarah dan terukur kinerjanya.
c. Melaksanakan
tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru agar tujuan sekolah lebih terarah dan
terukur kinerjanya.
d. Melaksanakan
tugas-tugas sesuai aturan yang berlaku, deskripsi pekerjaan dan tanggung
jawabnya agar tujuan sekolah lebih terarah dan terukur kinerjanya.
e. Melaksanakan tugas secara mandiri maupun kolaborasi, sesuai aturan yang
berlaku, deskripsi pekerjaan dan tanggung jawabnya agar tujuan sekolah lebih
terarah dan terukur kinerjanya.
26.
Kesempatan
untuk menempuh pendidikan lanjut tidak mudah didapatkan. Seandainya Anda
mendapatkan kesempatan itu, apakah yang Anda nilai sebagai yang paling penting?
a.
Pengembangan
wawasan melalui belajar.
b.
Pengembangan
jejaring sosial yang bermanfaat kelak bagi pekerjaan.
c.
Peningkatan
kecakapan dalam melaksanakan tugas di tempat kerja.
d.
Peningkatan
ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai hasil studi lanjut.
e. Pengembangan diri sebagai guru yagn dapat bermanfaat untuk diri dan
orang lain.
27.
R
adalah siswa kelas VI SD yang pintar dan sangat rajin menolong. Ayah R sudah
meninggal dan ibunya mencari nafkah sebagai pedagang kue untuk mencukupi
kebutuhan anak-anaknya. Seringkali R tidak masuk sekolah, karena harus membantu
ibunya berjualan. Sebagai guru R, yang sebaiknya Anda lakukan adalah . . . .
a.
Memberikan
uang sebagai bantuan secara sukarela setiap bulannya
b. Memperbolehkan
R untuk sesekali tidak masuk sekolah karena memberi kesempatan untuk R belajar
menolong orang tua dan bekerja
c. Memberikan
penjelasan pada R arti penting dan aturan
sekolah, serta mengarahkan apa yang sebaiknya dilakukan
d. Memberikan penjelasan pada R dan ibunya tentang arti penting dan aturan
sekolah serta mendiskusikan bersama tentang masalah yang dihadapi
28.
Ada
siswa yang menunjukkan kurang bergairah belajar di kelas Anda. Terkait dengan
hal ini, tindakan yang Anda lakukan sebagai guru adalah . . . .
a.
Membiarkan
saja karena sangat mungkin siswa tersebut tidak berminat pada mata pembelajaran.
b. Mengingatkan,
namun bila tidak ada kemajuan abaikan saja, dan fokus pada siswa-siswa lain
yang menunjukkan kemajuan.
c.
Membangkitkan
semangat siswa itu untuk belajar, walaupun kemajuannya sedikit.
d.
Menggunakan
berbagai cara untuk membangkitkan semangat belajarnya.
e. Memahami kondisi siswa tersebut, berusaha terus menemukan cara
membangkitkan semangat belajarnya.
29.
Bayangkan
suatu ketika Anda sedang berjalan bersama dengan anak Anda. Tiba-tiba ada orang
memaki Anda dengan tidak sopan, padahal Anda merasa tidak berbuat salah. Apa
yang akan Anda lakukan?
a.
Membalas
makian orang itu agar anak melihat Anda bukan orang tua yang lemah dan
mengajarkan pertahanan diri.
b. Menarik
orang itu sambil membentaknya agar anak melihat bagaimana caranya membalas
perlakuan orang yang tidak benar.
c. Memberi
pelajaran orang itu dengan membentaknya untuk menunjukkan pada anak bagaimana
caranya menjaga harga diri.
d. Mendiamkan orang itu dan segera menyingkir dari tempat agar anak
belajar bagaimana caranya menghindari keributan.
e. Mengajak
bicara baik-baik dan tegas agar anak melihat bagaimana caranya berkomunikasi
dalam kondisi sengketa.
30. Untuk
mengerjakan tugas dengan baik, apalagi tugas bertumpuk-tumpuk, selalu
diperlukan banyak energi. Terkait hal ini, pilihlah salah satu jawaban yang paling
mendekati diri Anda!
a.
Tidak
peduli pada banyaknya tugas apapun, yang penting saya baik-baik saja.
b.
Kehabisan
tenaga, bahkan sebelum semua tugas terselesaikan.
c. Energi
terkuras habis setelah mengerjakan seluruh tugas, sehingga kurang siap
mengerjakan tugas-tugas berikutnya.
d. Energi hampir terkuras habis, perlu
beristirahat beberapa waktu sebelum mengerjakan tugas berikutnya.
e. Semua
terselesaikan sesuai waktu yang direncanakan, sehiungga masih ada energi untuk
tugas berikutnya.
31. Seringkali
dalam bekerja tim, kelompok memilih pandangan yang bertentangan dengan pendapat
Anda. Pernyataan yang paling menggambarkan reaksi Anda adalah . . . .
a. Keluar
dari kelompok, karena saya tidak bisa menerima keputusan yang bertentangan
dengan keyakinan.
b. Tetap
bergabung dengan kelompok, namun diam-diam mengharapkan kelompok gagal
menjalankan yang diputuskan.
c. Tetap bergabung dengan kelompok, namun
mengikuti semua kegiatan dengan sepenuh hati.
d.
Menerima
keputusan kelompok apa adanya, namun tetap bersikap kritis terhadap keputusan
yang telah diambil.
e. Menerima
sepenuhnya keputusan kelompok dan melakukan introspeksi bila ada pandangan
pribadi yang keliru.
COMMENTS