Latihan soal UP PPG atau pun Pretest PPG disertai jawaban.
LATIHAN SOAL UP
1.
Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan
menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan
mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan
memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing
peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi)
dalam kurikulum.
Pembelajaran
yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....
A.
Project based learning
B. Discovery
Learning
C. Problem
Based Learning
D. Inquiry
learning
2.
Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang
mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan
terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam
alternatif pendapat.
Kegiatan
yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran
....
A. Project
based learning
B. Inquiry
learning
C. Discovery
learning
D.
Problem based learning
3.
Ketika memulai pembelajaran, Bu Dwi Wahyu
menyodorkan sebuah isu aktual dalam bentuk pertanyaan yang memerlukan solusi.
Lalu, dalam bentuk kelompok-kelompok kecil, siswa diminta untuk untuk mencari
alternatif solusi tersebut.
Kegiatan
yang dilakukan Bu Dwi Wahyu tersebut mengisyaratkan implementasi model
pembelajaran ....
A.
Project based learning
B. Problem
based learning
C. Discovery
learning
D. Inquiry
learning
4.
Sebelum memulai proses belajar-mengajar di
dalam kelas, Bu Nuraini meminta peserta didik terlebih dahulu untuk
mengobservasi suatu fenomena. Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah
yang muncul. Setelah itu, peserta didik dirangsang untuk berpikir kritis dalam
memecahkan masalah yang ada. Sementara itu, Bu Nuraeni mengarahkan peserta
didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang
berbeda dari mereka.
Kegiatan
yang dilakukan Bu Nuraeni tersebut mengisyaratkan implementasi model
pembelajaran ...
A. Inquiry
learning
B.
Problem based learning
C. Project
based learning
D. Discovery
learning
5.
Pak Kandi bersama siswanya merencanakan
sebuah kegiatan secara kolaboratif. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik
merasa “memiliki” dan bertanggung jawab atas kegiatan yang telah direncanakan
bersama itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan mengenai aturan main, aktivitas
pendukung, alat dan bahan yang dapat diakses, cara dan langkah kerja untuk
menyelesaian rencana kegiatan kolaboratif tadi.
Model
pengelolaan pembelajaran yang dipraktikkan oleh Pak Kandi mencerminkan prinsip
model ....
A. Problem
solving learning
B. Problem
based learning
C.
Project based learning
D. Discovery
learning
6.
Berikut ini merupakan langkah-langkah
pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :
1) Penentuan
Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain
Perencanaan Proyek,
3) Menyusun
Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor
peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of
the Project),
5) Menguji
Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi
Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan
yang benar adalah ....
A.
1-2-3-4-5-6
B. 1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D. 1-2-3-5-4-6
7.
Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran
yang masih acak berikut ini!
1) Mengorganisasi
siswa dalam belajar
2) Orientasi
siswa pada masalah
3) Membimbing
penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
4) Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
Jika
langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem
Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....
A. 1-2-3-4
B.
2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D.
2-3-1-4
8.
Perhatikan langkah-langkah kegiatan
pembelajaran berikut ini.
1) Orientasi
siswa pada masalah
2) Mengorganisasi
siswa dalam belajar
3) Membimbing
penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
4) Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
5) Menganalisis
dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Fase-fase
pembelajaran tersebut merupakan fase dalam pembelajaran dengan model ....
A. Discovery
learning
B. Project
based learning
C. Problem
solving learning
D.
Problem based learning
9.
Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari
kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan
faktor-faktor….
A. Kompleksitas
indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
B. Kemampuan
guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
C.
Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake
siswa
D. Kemampuan
guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
10. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri
mengikuti penilaian mata pelajaran
B. Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian
kompetensi tiap mata pelajaran
C. Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam
melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D.
Sebagai kegiatan pengambilan
keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
11. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda
dalam….
A. Pencapaian
standar kompetensi
B. Pencapaian
kompetensi dasar.
C. Pencapaian
tujuan pembelajaran
D. Pencapaian
standar kelulusan
12. Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan
yang perlu dilakukan guru adalah;
A. Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa
B. Menambah bahan pelajaran baru
C. Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program
tindak lanjut
D.
Memilih waktu yang tepat untuk
melaksanakan program tindak lanjut
13. Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku
siswa dalam proses pembelajaran adalah:
A.
Pedoman observasi
B. Kuesioner
C. Pedoman wawancara
D. Tes hasil belajar
14. Bila Anda sebagai
guru menemukan peserta didik mendapatkan
hasil belajar yang rendah, tindakan apa yang akan dilakukan ?
A. Memindahkan tempat duduk
peserta didik ke meja yang paling depan
B. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta
didik
C.
Memberikan bantuan belajar
kepada peserta didik yang bersangkutan
D. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
15. Sebelum guru menyusun
soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali
harus dipelajari:
A. Buku sumber yang digunakan
B. Kurikulum dan silabus
C. Indikator pencapaian kompetensi
D. Kemampuan awal
siswa
16. Salah satu prinsip dalam
penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:
A. Penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan
yang harus diukur
B. Penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari
kegiatan pembelajaran
C. Penilaian berdasarkan kriteria yang jelas tentang
kompetensi yang harus dicapai
D.
penilaian harus berkesinambungan
oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
17. Instrumen penilaian hasil
belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:
A. Konstruksi butir soal
memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
B. Substansi yang diukur
mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
C. Bahasa yang digunakan
komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik
D. Digunakan
untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
18. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria
ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
A. Nilai batas ambang kompetensi
B. Nilai minimal yang dicapai peserta didik
C.
Nilai maksimal yang dicapai
peserta didik
D. Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah
19. Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua
peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung
nilai;
A.
Mean
B. Modus =yg sering muncul
C. Median = nilai tengah
D. Simpangan baku
20. Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru
dalam melaksanakan
A.
Penilaian hasil belajar peserta
didik
B. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
C. Penilaian silabus dan RPP
D. Penilaian standar kompetensi lulusan
21. Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan
penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar
peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar
belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional.
Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….
A.
Objektivitas.
B. Transparan
C. Bermakna
D. Menyeluruh
22. Ketika Anda tahu bahwa guru telah berhasil atau tidak
dalam kegiatan pembelajaran, apa yang Anda lakukan?
A. Membuat
laporan keberhasilan/ketidakberhasilan
B. Menyampaikan
laporan ke atasannya
C.
Menyusun rencana tindak lanjut
D. Menyusun
laporan hasil pemantauan
23. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang
mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan
tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan
test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam
dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D.
Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi
tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
24. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang
capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
A. Proses
pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B. Tujuan
pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C.
Sasaran terpenting pengajaran remidial adalah
peningkatan kecerdasan siswa
D. Strategi
yang dipilihhanya berbentuk test ulang
25. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi
peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat
rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B. Menggunakan
rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan
analisis evaluasi belajar siswa
C.
Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda
sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang
test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
26. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan
ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut....
A. Menentukan
kriteria keberhasilan belajar
B. Mengklasifikasi
siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
C.
Mencari letak kelemahan secara
umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
D. Merencanakan
pengajaran remidi
27. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
A. Memberikan
penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
B. Mengumpulkan
lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C.
Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang
telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album
sebagai bukti hasil belajar
D. Mengumpulkan
lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan
siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan
pengajarandan test remedial
28. Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa
dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test
disebut ....
A. Konstruktivisme
B.
Authentic assesment
C. Efektif
D. Kondusif
29. Pendekatan tes yang berusaha menafsirkan hasil tes yang
diperoleh siswa dengan membandingkannya dengan patokan telah ditetapkan,
sebelum hasil tes itu sendiri diperoleh, dan bahkan sebelum kegiatan pengajaran
dilakukan, patokan yang akan dipergunakan untuk menentukan batas kelulusan itu
telah ditetapkan dinamakan ....
A.
Penilaian acuan patokan
B. Penilaian
acuan norma
C. Penilaian
tuntas
D. Penilaian
berkelanjutan
30. Pendekatan
tes ini menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi
skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor
standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini
(PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.
Pendekatan
tes yang dimaksud adalah….
A. Penilaian
berkelanjutan
B. Penilaian
menyeluruh
C. Penilaian
acuan patokan
D.
Penilaian acuan norma
31. Kurikulum
2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian
acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang
didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria
ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan
mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung,
dan karakteristik peserta didik.
Dengan
demikian, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada
pendekatan ....
A. Penilaian
berkelanjutan
B. Penilaian
autentik
C.
Penilaian acuan patokan
D. Penilaian
acuan norma
32. Menggambarkan
sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A. Tujuan
penilaian
B. Prinsip
penilaian
C.
Fungsi penilaian
D. Hasil
penilaian
33. Mengetahui
tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang
sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan
dalam pembelajaran remidial dan program pengayaan merupakan….
A. Prinsip
penilaian
B.
Tujuan penilaian
C. Fungsi
penilaian
D. Bentuk
penilaian.
34. Fungsi
penilaian yang tepat adalah …
A. Alat
meningkatkan prestasi peserta didik
B. Alat
untuk menemukan gaya belajar peserta didik
C. Membantu
peserta didik memahami materi pembelajaran
D.
Sebagai kontrol bagi pendidik dan satuan pendidikan
tentang kemajuan perkembangan peserta didik.
35. Assesment
hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai
berikut, kecuali:
A. Objektif
B. Adil
C.
Kooperatif
D. Terpadu.
36. Penilaian
yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut
merupakan prinsip penilian yang:
A. Adil
B. Objektif
C.
Valid
D. Sistematis
37. Penilaian
yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun
hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. Adil
B.
Akuntabel
C. Valid
D. Sistematis
38. Penilaian
yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah
yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. Adil
B. Objektif
C. Valid
D.
Sistematis
39. Di
bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil
belajar peserta didik, kecuali….
A. Ditujukan
untuk mengukur pencapaian kompetensi
B. Menggunakan
acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
C. Ditindaklanjuti
dengan program remedial dan pengayaan
D.
Dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak
yang jelek
40.
Program pembelajaran remedial hendaknya
memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecepatan, kesempatan,
dan gaya belajar masing-masing. Pembelajaran remedial harus mengakomodasi
perbedaan individual peserta didik. Pernyataan di atas termasuk salah prinsip
yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...
A. Fleksibilitas
B. Interaktif
C.
Adaptif
D. Kesinambungan
41.
Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran
tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa
dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program remidial.
Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan.
Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara...
A.
Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD
tersebut
B. Digabung
dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
C. Melanjutkan
materi pada KD selanjutnya
D. Memberi
tugas mengerjakan Lembar Kerja Siswa
42.
Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik
yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai
berikut:
A. Memberikan
tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan
test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C.
Memberikan
tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi
berikut instrument testnya yang sesuai
D. Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi
tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
43.
Dasar rancangan program remidi bagi peserta
didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
A. Proses
pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B. Tujuan
pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C.
Sasaran terpenting pengajaran remidial adalah
peningkatan kecerdasan siswa
D. Strategi
yang dipilihhanya berbentuk test ulang
44.
Salah satu prinsip merancang program remidial
bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat
rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat
dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
C.
Menggunakan
rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. Merancang
test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
45.
Agar dapat menyusun hipotesis tindakan dengan
tepat, Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan itu adalah
pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut
merupakan kegiatan PTK pada langkah ...
A. Merumuskan
masalah
B. Mengidentifikasi
masalah
C.
Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan
D. Menyusun
proposal penelitian
46.
Mengetahui proses tindakan, pengaruh tindakan
(yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan kendala tindakan, (d)
bagaimana keadaan dan kendala tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan
pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ….
A. Refleksi
B.
Observasi
C. Perencanaan
D. Pelaksanaan
47.
Model rancangan PTK terletak pada alur
pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau
ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur
penelitian tindakan yang dimaksud adalah ….
A. Observasi
--> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B. Refleksi
--> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi
C. Perencanaan
--> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi
D.
Perencanaan --> pelaksanaan tindakan -->
observasi --> refleksi
48.
Rumusan masalah dalam PTK berikut, yang mana
paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
A. Apakah
pengaruh permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri
2 Boyolali?
B. Bagaimana
cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode
tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C. Mengapa
siswa SMA Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan
nasional?
D. Bagaimana
cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
49.
Dalam Penelitian tindakan kelas, masalah yang
diteliti berasal dari ....
A.
Kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar
B. Keriasauan
pendidik akan mutu pendidikan
C. Keinginan
untuk membantu guru
D. Kepedulian
peneliti akan kinerja guru
50.
Di bawah ini adalah prinsip-prinsip
penelitian tindakan kelas (PTK) menurut Suharsimi Arikunto, kecuali….
A. Kesadaran
diri untuk memperbaiki kinerja
B.
Kegiatan yang direkayasa
C. Perencanaan
D. Upaya
empiris dan sistematis
51.
Pola
perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan terus-menerus
merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A. Pengumpulan
data
B.
Menganalisis masalah
C. Mencapai
tujuan
D. Menentukan
ruang lingkup
52.
Peran guru dalam PTK adalah sebagai…
A. Guru
B. Peneliti
C.
Guru dan Peneliti
D. Objek
Penelitian
53.
Berikut ini kegiatan PTK pada tahap
pertengahan tindakan, kecuali….
A. Pelaksanaan
tindakan
B. Observasi
dan intepretasi
C. Diskusi
balikan
D.
Analisis data
54.
Tujuan PTK adalah…
A.
Perbaikan KBM
B. Menyusun
teori baru
C. Memperbaiki
teori
D. Menyusun
generalisasi
55.
Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan
dampaknya serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK merupakan…
A. Analisis
B.
Refleksi
C. Observasi
D. Diskusi
56.
Latar belakang, tujuan penelitian, dan
manfaat penelitian harus menjadi bagian dari PTK khususnya pada bagian….
A. Kesimpulan
B. Prosedur
penelitian
C.
Pendahuluan
D. Metodologi
penelitian
57.
Persiapan awal dalam PTK adalah…
A. Menyiapkan
cara wawancara
B. Membuat
analisis kelayakan hipotesis
C.
Membuat rencana (perbaikan) pembelajaran dan
skenarionya
D. Menyiapkan
fasilitas dan sarana
58.
Proposal penelitian dalam PTK adalah….
A. Usulan
untuk mendapatkan dana penelitian
B. Uraian
tentang komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C. Uraian
projek penelitian pendidikan
D.
Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK
59.
Berikut ini langkah-langkah dalam tahap
perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…
A. Formulasi
solusi dalam bentuk hipotesis tindakan
B. Analisis
kelaikan hipotesis tindakan
C. Persiapan
tindakan
D.
Observasi dan inperetasi.
60.
Kegiatan yang harus dilakukan setelah
pembelajaran adalah melakukan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan
pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik. Tujuan dilakukannya refleksi
pembelajaran bagi peserta didik adalah....
A. Untuk
mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B.
Untuk mencapai kepuasaan diri peserta didik
memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
C. Untuk
meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran
selanjutnya
D. Untuk
mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin
komunikasi positif dengan peserta pendidik.
COMMENTS