Latihan Soal UTN UMPPPG Pretest PPG 2019
1.
Menurut
bentuknya, sebuah konvensi dapat dikatakan sebagai hukum, karena . . . .
a.
Konvensi
merupakan hukum adat pada kelompok masyarakat tertentu
b.
Merupakan
kebiasaan-kebiasaan baik dalam penyelenggaraan negara
c.
Merupakan
perjanjian dua negara yang ditaati bersama sebagai hukum
d. Kebiasaan
masyarakat dapat dijadikan norma hukum kebiasaan/adat
2.
Berikut
merupakan contoh pelanggaran hukum dan keadilan dalam masyarakat, yaitu . . . .
a.
Ahli
waris yang tidak melaporkan kematian orang tuanya kepada dinas kependudukan
b.
Dokter
ya tidak memberitahu penyakit pasiennya karena khawatir pasiennya stres
c.
Guru
tidak melaksanakan pendekatan siswa aktif dalam melaksanakan pembelajaran
d. Polisi
tidak memproses pidana pengguna narkoba yang insaf meminta rehabilitas diri
3.
Menurut
asas legalitas, suatu perbuatan dapat dikatakan melanggar hukum apabila. . . .
a.
Peraturan
tersebut bertentangan dengan rasa keadilan dalam masyarakat
b.
Perbuatan
tersebut berniat merampas hak-hak orang lain untuk dimiliki
c. Peraturan
perundang-undangan menyatakan perbuatan itu melawan hukum
d.
Kitab
UU pidana dan perdata menyatakan perbuatan itu melawan hukum
4.
Identitas
nasional bangsa indonesia dapat terbentuk melalui faktor utama berikut, kecuali
. . .
a.
Adanya
suku-suku bangsa di Indonesia yang yang bertekad bulat untuk bersatu
b.
Kehidupan
beragama masyarakat indonesia yang religius, toleran, dan rukun
c. Tantangan
persaingan berbagai aspek kehidupan ipoleksosbus secara global
d.
Kekayaan
ragam kebudayaan di Indonesia yang besifat harmonimultikultural
5.
Demokrasi
pancasila yang dilaksanakan dengan kecerdasan dan kebijaksanaan adalah . . . .
a.
Wakil-wakil
rakyatnya adalah orang-orang yang memiliki ijazah pendidikan tertinggi
b. Perdebatan
musyawarahnya rasional dan keputusannya dapat diterima semua pihak
c.
Hanya
suara orang-orang cerdas dan bijaksana saja dapat diterima dalam musyawarah
d.
Ketiga
pemikiran tersebut wajib dijadikan prinsip dalam melaksanakan demokrasi rakyat
6.
Faktor
internal yang mempengaruhi tingkat kesadaran dan kepatuhan hukum masyarakat
menurut Soejono Soekanto adalah . . . .
a.
Rendahnya
rasa percaya diri anggota masyarakat terhadap penegak hukum
b. Tingkat
pengetahuan masyarakat terhadap produk hukum negara dan isinya
c.
Tingkat
religiusnya masyarakat dalam menjalankan ajaran agama yang dianut
d.
Tingkat
kedewasaan masyarakat dalam menghadapi persoalan/masalah kehidupan
7.
Pada
masa sidang-sidang BPUPKI, kelompok yang tidak menyetujui dimasukkannya
pengaturan HAM dalam konstitusi seperti yang ditunjukkan oleh sikap Soekarno
beasumsi bahwa . . . .
a.
Peraruran
HAM dalam konstitusi akan akan menunjukkan Indonesia penanut liberalisme
b. Azaz kekeluargaan dan gotong royong yang dianut Indonesia mengutamakan kewajiban
c. Ajaran HAM yang berasal dari barat bertentangan dengan azaz gotong royong Indonesia
d. Ketiga pemikiran tersebut menjadi dasar penolakan pengaturan HAM dalam konstitusi
b. Azaz kekeluargaan dan gotong royong yang dianut Indonesia mengutamakan kewajiban
c. Ajaran HAM yang berasal dari barat bertentangan dengan azaz gotong royong Indonesia
d. Ketiga pemikiran tersebut menjadi dasar penolakan pengaturan HAM dalam konstitusi
8.
Manusia
Indonesia yang guyub tetap menghargai hakikatnya sebagai makhluk individu.
Nilai-nilai utamanya yang penting dikembangkan adalah . . . .
a.
Mendahulukan
hak, menghargai kebebasan, dan mengakui perbedaan tiap orang
b.
Memberikan
kemerdekaan, hak yang sama, dan mengutamakan kewajiban bermasyarakat
c.
Menghargai
kedudukan, harkat, derajat, martabat, dan kemerdekaan manusia yang sama
d. Menghormati
perbedaan, kebebasan memilih, hak-hak dan kewajiban azasi manusia
9.
Ancaman
bidang ideologi politik yang perlu diwaspadai bangsa Indonesia untuk menjaga
ketahanan nasional Indonesia adalah . . . .
a. Makin
kuatnya tuntutan hak dan kebebasan warga negara dengan mengabaikan kewajibannya
b.
Makin
kuatnya tuntutan sistem pilpres dan pilkada secara langsung oleh rakyat tanpa
perwakilan
c.
Makin
menguatnya usaha ekonomi individual dan melemahnya gerakan ekonomi koperasi
d.
Makin
banyaknya generasi muda menyukai produk budaya kesenian dan teknologi bangsa
asing
10.
Berdasarkan
pancasila, pelaksanaan politik luar negeri Indonesia semestinya dikembangkan
dengan prinsip . . . .
a.
Menghindarkan
hubungan dan kerjasama internasional dengan negara-negara komunis
b.
Lebih
berpihak kepada kepentingan negara-negara yang kerketuhanan Yang Maha Esa
c.
Berhubungan
dengan semua negara dan bekerjasama dengan negara-negara demokrasi
d. Bebas
berhubungan dengan seluruh negara serta aktif menciptakan perdamaian dunia
11.
Ciri
yang membedakan hukum dari norma-norma lainya adalah . . . .
a.
Berbentuk
norma, peraturan, dan keputusan/ketetapan
b.
Ada
sanksi terhadap pelanggaran norma-normanya
c.
Berisi
norma-norma kewajiban dan larangan perbuatan
d. Dibuat
oleh badan pemerintahan yang berwenang
12.
Berikut
adalah kelompok rumah adat dalam ragam pernik kebudayaan di Indonesia, yaitu .
. .
a. Honai,
Tongkonan, Bola Soba, Lopo, dan Joglo
b.
Belieu,
Tortor, Rokatenda, Dero, dan pangung
c.
Betang,
Bidu, Bedana, Tahuyan, dan labu kayu
d.
Rumoh,
tandak Sambas, Tutu Koda, dan Rambadia
13.
Bahasa
dapat digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain. Hal yang menunjukkan
bahasa mewakili fungsi . . . .
a.
Instrumental
b. Interaksional
c.
Regulatoris
d.
Personal
14.
Pilihlah
sala satu jawaban di bawah ini dengan tepat!
Ini
ibu mail
Mail
beli pena
Mail
dari kota
Solo
kota mail
Mail
suka bolap
Teks
di atas dapat diberikan kepada siswa SD kelas 1 semester I untuk pembelajaran
huruf-huruf di bawah ini, kecuali . . . .
a.
a,
l, m, n
b.
u,
b, l, e, t
c. b,
c, l, d, s
d.
o,
d, k, p, s
15.
Tiga
minggu ini hujan belum juga turun, terik matahai di siang hari sangat
menyengat. Kadang-kadang terlihat awan, tetapi tiba-tiba tersapu kembali oleh
angin. Tanah sawah mulia pecah-pecah. Tanaman padi daunnya mulai mengering,
debu-debu di jalan beterbangan, ketika kendaraan melintas. Para petani
sepertinya tahu bahwa ini suatu tanda akan datang kemarau panjang.
Gagasan
utama pada paragraf di atas adalah . . . .
a.
Cuaca
yang tidak menentu
b.
Tanah
sawah mulai pecah-pecah
c.
Mengharap
datangnya hujan
d. Tanda
datang kemarau panjang datang
16.
“Anak pintar dan sabar itu sedang membaca
buku”
Morfem
terikat morfologis yang terdapat dalam kalimat tersebut adalah . . . .
a.
Anak
b.
Yang
c.
Pintar
d. Mem-
17.
....
Pukul
delapan pagi
Di
perempatan jalan
Seorang
bocah delapan tahunan
Menghampiri
mobil berhenti
Bernyanyi
sambil bertepuk tangan
Meminta
belas kasihan
Mungkin
untuk sarapan pagi
Atau
memang untuk penghasilan
Padahal
ia seharusnya di sekolah
Karya:
W.J. puspito
Tema
puisi di atas adalah . . . .
a.
Kegiatan
pagi hari
b. Anak
jalanan
c.
Pengamen
cilik
d.
Gelandangan
18.
Guru
menempelkan gambar berseri di papan tulis. Siswa menuliskan kalimat di bawah
gambar. Setiap siswa membaca secara bergiliran kalimat yang telah
dituliskan.kesalahan dalam kalimat saat itu didiskusikan. Siswa menuliskan kembali
dalam bukunya kalimat yang benar.
Fokus
kegiatan pembelajaran di atas adalah . . . .
a. Menulis
b.
Berbicara
c.
Membaca
d.
Mendengarkan
19.
Pembelajaran
berbicara perlu dilaksanakan di sekolah terutama di SD. Kalimat yang tidak
mendukung pernyataan tersebut adalah . . . .
a.
Proses
belajar di SD, khususnya di kelas rendah, banyak dilaksanakan secara lisan
b. Keterampilan
berbicara akan berkembang dengan baik setelah anak di SLTP
c.
Keterampilan
berbicara didukung oleh keterampilan menyimak, membaca, dan menulis
d.
Keterampilan
berbicara memerlukan praktik
20.
Susunlah
kalimat berikut menjadi paragraf yang baik!
1)
pagi
hari yang cerah itu dikejutkan oleh pekikan keras seorang wanita.
2)
Mobil
yang dikendarai pemuda itu melarikan diri tanpa menghiraukan korbannya.
3)
Hari
baru pukul 7 pagi
4)
Tenyata
ada mobil menabrak seorang nenek
a. (1) (3) (2) (4)
b. (1) (3) (4) (2)
c. (3) (1) (4) (2)
d. (3) (1) (2) (4)
a. (1) (3) (2) (4)
b. (1) (3) (4) (2)
c. (3) (1) (4) (2)
d. (3) (1) (2) (4)
21.
Ujaran
manusia dapat dikatakan sebagai bahasa apabila ujaran tesebut mengandung . . .
.
a.
Intonasi
b. Makna
c.
Nada
d.
Jeda
22.
Kalimat
majemuk bertingkat terdapat pada kalimat . . . .
a.
Pak
tani memberantas hama padi dengan racun
b.
Warga
kampung itu banyak yang miskin, tetapi rukun
c.
Warga
indonesia banyak yang terserang virus flu burung
d. Akibat
virus SARS mewabah, kegiatan pariwisata terganggu
23.
Anisa
anak terpandai di kelasnya. Ia humoris dan mudah tertawa. Segala kesulitan muda
teratasi olehnya. Anisa mempunyai hobi membaca. Ia mempunyai koleksi buku
bacaan yang cukup banyak. Aku pun sering meminjamnya. Bukunya kemarin terbawa
saya. Aku lupa mengembalikannya.
Imbuhan ter-yang bermakna
paling pada paragraf di atas terdapat dalam kalimat . . . .
a. Anisa
anak terpandai di kelasnya
b.
Ia
humoris dan mudah tertawa
c.
Segala
kesulitan muda teratasi olehnya
d.
Bukunya
kemarin terbawa saya
24.
Ciri
struktur bahasa Indonesia baku ditunjukkan pada kalimat . . . .
a.
Dia
punya anak sudah duduk di kelas II SD
b.
Cuma
dia yang selalu ada dalam pikirannya
c.
Ia
lempar anjing gila yang lewat di depan rumahnya
d. Dia
sudah mampu berjalan dengan sempurna setelah diopname di rumah sakit
25.
Dalam
interaksi manusia dan lingkungannya manusia menempati positif dominan, bahkan
karena ulah manusia mengakibatkan keseimbangan lingkungan menjadi rusak,
artinya lingkungan menjadi tidak seimbang jika
. . . .
a.
Terjadi
kematian makhuk hidup
b. Terjadi
perubahan yang melebihi daya dukung dan daya pentingnya
c.
Terjadi
perubahan yang tidak melebihi daya dukung dan daya pentingnya
d.
Terjadi
pertambahan populasi tumbuhan, hewan, dan manusia
26.
Pada
jenjang sekolah dasar, siswa harus diperkenalkan pada nilai-nilai dan sikap
yang baik, karena nilai tersebut yang menjadi landasan dan falsafah hidup
bangsa Indonesia. Penanaman nilai tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan . .
. .
a.
Mengunjungi
musium dan tempat-tempat bersejarah
b. Mendiskusikan
masalah sosial di linkungannya
c.
Mengidentifikasi
nilai dan sikap yang harus dikembangkan
d.
Menerapkan
hasil temuan dalam konteks yang berbeda
27.
Masuknya
pengaruh agama dan kebudayaan hindu budha membawa perubahan dalam berbagai
bidang kehidupan bagi bangsa indonesia, salah satu adalah pengaruh di bidang
sosial berupa . . . .
a.
Pembagian
kerja dalam masyarakat
b.
Pembagian
lahan pertanian dalam masyarakat
c.
Pembagian
harta/kekayaan dalam masyarakat
d. Penelompokan
masyarakat berdasarkan tingkatan kehidupan
28.
Perhatikan
pernyataan di bawah ini
1)
Indonesia
sebenarnya adalah negara yang kaya
2)
Indonesia
merupakan negara kepulauan
3)
Warga
miskin di Indonesia jumlahnya semakin banyak
4)
Gunung
merapi adalah gunung berapi
5)
Matahari
merupakan pusat tata surya
Dari pernyataan di atas,
yang termasuk fakta adalah . . . .
a.
1,
2, dan 3
b.
2,3,
dan 4
c.
2,3,
dan 5
d. 2,
4, dan 5
29.
Seseorang
dapat dikategorikan berhasil beradaptasi dengan lingkungannya, apabila . . . .
a. Menyadari
siapa dirinya yang sebenarnya dan mampu betindak secara objektif sesuai dengan
kondisi dirinya
b.
Menyadari
bahwa dirinya adalah kaum intelektual harus tampil sebagai agen perubahan untuk
mengubah cara berpikir yang irasional
c. Merasa
kecewa karena merasa tidak mampu mengikuti aturan-aturan yang berlaku di
lingkungannya
d. Merasa
rendah diri karena warga di lingkungannya tingkat perekonomiannya lebuh dari
dirinya
30.
Perhatikan,
amati, dan hayati kota kabupaten tempat tinggal anda. Anda dapat mengevaluasi
perkembangan kota dari waktu ke waktu. Misalnya area atau kawasannya yang
semakin meluas, pemukiman penduduk, sekolah, pasar, jaringan komunikasi dan
transportasi. Selanjutnya anda dapat memprediksi bahwa kota kecil itu akan
menjadi besar, jumlah penduduk bertambah, pemukiman berubah, dan kemungkinan
terjadi urbanisasi. Dengan melakukan pengamatan dan penghayatan tersebut, jika
dilihat dari sudut keruangan, anda telah melakukan kegiatan . . . .
a. Perspektif
lokal
b.
Perspektif
regional
c.
Perspektif
nasional
d.
Perspektif
global
COMMENTS